12 Fakta Kereta Api

Thursday, April 26, 2012

12 Fakta Kereta Api


Siapa yang tidak mengetahui alat transportasi yg satu ini, selain cepat dan murah. Kereta api juga mempunyai beberapa fakta menarik untuk dibahas. Langsung aja ya..



1. Kereta api pertama kali ditemukan oleh Richard Trevitick juga merupakan satu-satunya Mesin uap bisa berjalan dan menyebutnya Lokomotif pertama.

2. Kereta api diilhami dari seekor ular karena bentuk kereta api persis dengan seekorular karena gerbongnya menghubungkan gerbong lain sehingga memanjang seperti ular.

3. Kereta api satu-satunya kendaraan yang tidak memiliki setir seperti halnya Mobil, bus, truk, sepeda motor, kapal dan pesawat terbang, jadi kereta apibisa berjalan melalui jalur rel.

4. Klakson pada kereta api lebih keras dalam frek. 400 – 700 HzV
daripada Truk maupun Bus, jadidari jauh (Sekitar 5 kilometer)terdengar suara kereta api tersebut.

5. Tahukah anda, kalau kereta apibisa maju dan mundur, jadi jika perjalanan pulang sebenarnya kereta api pada bagian lokomotifsebenarnya bergerak mundur karena bagian arah kepala berlawanan yaitu lokomotif bagian belakang, sedangkan masinis menghadap bagian depan.

6. Bagian paling keras pada setiap kereta api sebenarnya adalah bagian Lokomotif daripada gerbongnya. Jadi padasaat terjadinya tabrakan dengan
Kendaraan truk dan bus, buktinya bagian lokomotifnya tidak remuk tapi bus maupun truk malah hancur deh. Tapi kalau tabrakan sesama kereta apisudah pasti kedua-duanya hancur. Tabrakan dengan mobil namun lokomotif tetap utuh tabrakan sesama kereta api namun kedua-duanya remuk

7. Satu lokomotif kereta api bisa mengangkut lebih dari 30 buah gerbong. 8. Jika ada simpangan rel kereta api hanya petugas stasiun keretaapi yang mengatur jalur rel denga menarik tuasnya.

9. Untuk kereta api listrik, keretaapi ini memiliki dua lokomotif, yaitu bagian depan dan belakang.

10. Pada setiap kereta api khususdiesel, bagian gerbong yang paling ujung atau bagian belakang bukan hanya untuk menyimpan barang besar sebagai gudang, tetapi sebenarnya adalah Genset keretaapi jika pada saat malam hari genset ini bisa menyalakan listrikpada setiap gerbong penumpang (Kelas bisnis, ekonomi, eksekutif) meski tanpalokomotif. Gerbong bagian belakang Jadi tahukah anda kalau kereta api diesel ini persis dengan sejenis ular derik karena pada bagian belakang gerbong mirip dengan ekor ular derik yang bisamengeluarkan suara, sehingga gerbong belakang ini menimbulkan suara mesin. hehehe……

11. Bagian lokomotif pada keretaapi peluru seperti Shinkansen yang pada bagian ujung yang lancip seperti paruh burung, hal ini disengajakan supaya kereta api ini melaju lebih cepat daripada kereta api yang ujungnya tumpul. 12.Untuk kereta api uap, pada saat menanjak pada bukit, bagian lokomotif harus dilepaskan dan pindah kebelakang gerbong untuk mendorong gerbong kereta agarpada saat menanjak akan mudahmenaiki ke atas bukit. Kalau tidak, bisa celaka…..

0 Komentar :

Post a Comment