Buswaynya Sudah Sampai Halte Mana Ya? Cek Lewat Aplikasi Ini

Wednesday, October 28, 2015

Buswaynya Sudah Sampai Halte Mana Ya? Cek Lewat Aplikasi Ini


Hai para komuter, saya mau kasih info aplikasi keren nih. Apa ya namanya?

Hmm... Oke, readers sudah pernah dengar aplikasi Qlue sebelumnya? Ituloh, aplikasi yang lagi kekinian di daerah DKI Jakarta. Ahok lagi gencar-gencarnya menyosiasliasikan aplikasi ini.

Pernah sekali aku pergi dari Jakarta ke Surabaya saya download aplikasi ini, yang ada malah saya bingung bagaimana menggunakannya. Tujuannya bagus, hanya saja belum banyak aja dimanfaatkan warga Ibu kota. Sayangnya, pemerintahan Bekasi belum menerapkan aplikasi ini. Eh, hai pak Wali kota dan Bupati Bekasi, jadi kapan Qlue bisa diterapkan di Bekasi? :D

Kali ini saya bukan mengulas aplikasi Qluenya, melainkan aplikasi Qlue Transit. Apa itu aplikasi Qlue Transit? Ini aplikasi yang berguna sebagai panduan para komuter yang kegiatannya muter-muter Jakarta, khususnya naik Transjakarta. Bedanya sama Qlue apa? Beda pokoknya. Kayak kamu yang dulu dan kamu yang sekarang :')

Melalui aplikasi ini readers bisa mengetahui keberadaan bus Transjakarta, SPBU, stasiun kereta api, terminal, dan pelabuhan terdekat.

Saya suka dengan aplikasi ini karena bisa menampilkan real time posisi busway (Tranjakarta) lengkap dengan keterangan rute, nomor bus, dan kecepatan bus. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi InfoKRL besutan dari KCJ, namun lebih lengkap karena ada feature mapsnya. Desain Qlue Transit ini juga menarik.


Sudah lama saya mencari aplikasi seperti ini. Soalnya setiap menunggu busway, enggak ada informasi keberadaan busway yang diberikan oleh petugas halte. Saya pernah menunggu busway tujuan Dukuh Atas di halte transit Pemuda BPKP selama waktu kurang lebih 15 menit. Enggak ada informasi di mana buswayku berada. Galau, resah, gelisah. Apalah-apalah. Beda dengan krl yang keberadaannya diinformasikan oleh petugas stasiun.


Readers bisa download aplikasi Qlue transit ini di Playstore dan Appstore dengan gratis. Sizenya sekitar 7mb, ini dinilai ringan untuk kuota dan memori ponsel. Kalau sudah download, nanti add username: asribeka yaa :D

0 Komentar :

Post a Comment