Wisata Bersama Mpok Siti

Sunday, May 25, 2014

Wisata Bersama Mpok Siti





 Jakarta seakan tak mau kalah dengan kota modern lainnya. Mpok Siti nama lain Bus City Tour hadir sebagai penghuni baru jalanan Ibu Kota. Cukup dengan menunggu di halte bertanda “City Tour” maka bus tingkat siap menjemput anda untuk berkeliling Kota Jakarta.


                Dahulu di Jakarta sempat terdapat angkutan umum bus tingkat yang cukup diminati oleh sebagian warga Ibu Kota. Kini, bus tingkat tersebut hadir kembali dengan konsep bus wisata keliling Jakarta. Bus ini punya nama panggilan akrab, namanya Mpok Siti.

Sulaiman, selaku Onboth dari bus wisata ini menjelaskan nama Siti diambil dari kata city dan supir dari bus ini perempuan semua, lalu dari situlah tercetus nama Siti. Kalau dalam bahasa Betawi nama Siti biasa digunakan untuk nama perempuan.
 Bus yang mulai beroperasi pada Senin (24/02) mengawali rute pertamanya dari Bundaran HI, melewati Museum Nasional, mengitari kawasan Monas hingga ke Balai Kota dan kembali ke Bundaran HI. Untuk naik bus pariwisata ini Anda dapat menunggu 10-30 menit pada halte bertanda “City Tour”. Bus city tour beroperasi  dari Senin-Sabtu pukul 09.00 – 19.00 WIB dan Minggu pukul 12.00 – 19.00 WIB. Kapasitas penumpang bus terbatas untuk 60 orang. Tersedia 19 kursi di bagian bawah dan 41 kursi di bagian atas.  
 “Penumpang tidak diperkenankan untuk berdiri karena bisa mengganggu penumpang yang lain. Jika terdapat penumpang yang tidak mendapat kursi, akan diturunkan di halte berikutnya dan bisa naik bis selanjutnya” jelas Putu Vera Pratiwi, satuan pengaman.
Dalam bus dengan pendingin udara ini, terdapat dua televisi layar datar yang menampilkan video promosi pariwisata Jakarta. Dari sisi keamanan, ada CCTV untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di dalam bus. Selain itu ada dua belas pemecah kaca dan dua alat pemadam api yang dapat digunakan dalam kondisi darurat.
“Fasilitas yang disediakan juga tak jauh berbeda dengan bus tingkat di Singapore atau pun di Malaysia” ujar Yono, penumpang.  “Kalau di Singapore untuk naik bis tingkat kita harus membayar seharga $15 dollar Singapore atau setara  Rp120.000." Lanjutnya.
Penumpang juga dimanjakan oleh pemandu wisata yang fasih menjelaskan segala objek bersejarah di Jakarta. Sesekali pemandu wisata juga menghibur penumpang dengan sedikit guyon dan mengundang senyum para wisatawan. Namun sangat disayangkan, menurut Vivi, penumpang yang duduk dikursi bagian belakang, suara speakernya  tidak terdengar jelas karena dikalahkan dengan suara bising mesin bus.
Saat ini tersedia lima unit bus CityTour yang siap mengajak anda mengitari Jakarta. Rencananya akan ada penambahan sampai 20 unit pada tahun ini.
“Penumpang juga bisa follow akun twitter bus yang akrab dipanggil Mpok Siti ini di @CityTourJakarta.” Kata Acung, Pemandu Wisata. (Asr)




0 Komentar :

Post a Comment