eParking Stasiun Jabodetabek

Tuesday, August 19, 2014

eParking Stasiun Jabodetabek


Di jaman globalisasi sekarang ini, semua dituntut untuk serba cepat. Begitu juga halnya dengan sistem eParking yang mulai diberlakukan dibeberapa stasiun. Apa itu sistem eParking?


eParking atau elektronik parkir merupakan salah satu cara pembayaran biaya parkir dengan kartu uang elektronik yang sudah terintergrasi dengan mesin. Jadi, hanya dengan memiliki kartu uang elektronik berisi saldo yang mencukupi anda sudah dapat membayar parkir, tanpa harus susah-susah menyiapkan uang receh. Tata caranya adalah sebagai berikut:

Saat Anda masuk parkir:

1. Siapkan kartu uang elektronik Anda. Misalnya kartu Multitrip, Flazz BCA, Brizzi BRI, TapCash BNI, atau e-Money Mandiri. Pastikan kartu Anda telah terisi saldo yang mencukupi.

2. Langkah berikutnya, dekatkan kendaraan Anda ke Gate IN atau mesin sensor. Lalu, tempel kartu uang elektronik Anda sampai Gate atau palang terbuka. Masuk dan parkirkan kendaraan anda pada tempat yang telah ditentukan.

3. Simpan kartu uang elektronik anda untuk digunakan kembali pada saat keluar parkir.

Saat Anda keluar parkir:

1. Periksa kembali uang elektronik anda cukup untuk membayar parkir, dan jangan lupa, gunakan kartu yang sama dengan kartu yang anda gunakan saat masuk parkir.

2. Dekatkan kendaraan anda ke POS Gate OUT. Letakan uang elektronik anda pada Reader atau berikan pada petugas sampai proses pembayaran parkir selesai.

3. Bila sisa saldo uang elektronik anda tidak mencukupi, silahkan bayar dengan kartu uang elektronik lain atau bisa dengan uang tunai.


(belum disempurnakan)


4 comments :

  1. apakah sistem ini sudah berlaku di semua stasiun?

    ReplyDelete
  2. Sepertinya belum. Di Stasiun Bekasi parkir selatan pun belum menerapkannya.

    ReplyDelete
  3. kalo bisa bayar tunai, berarti pas tap in gak ada saldonya bisa dong kak?

    ReplyDelete
  4. Bisa kak. Nanti abis tap in isi saldo ya kak! Biar gak usah repot pake uang tunai

    ReplyDelete