Dengan Cara Ini, DP BBM Tak Perlu Dicroping Lagi

Thursday, January 8, 2015

Dengan Cara Ini, DP BBM Tak Perlu Dicroping Lagi


Memilih foto terbaik sebagai display picture adalah sesuatu yang lazim dilakukan  oleh para pengguna Blackberry Messanger. Namun, pengembang BBM (Android) sendiri mewajibkan kita menggunakan foto ukuran square. Mau tidak mau, kita harus memotong sebagian dari foto.


Biasanya, format foto yang biasa kita gunakan adalah .jpeg atau .jpg. Jelas saja, jika menggunakan format ini foto yang berukuran potrait atau landscape harus melewati tahap pemotongan terlebih dahulu. Tenang, ada cara lain yang bisa digunakan agar bagian foto terbaik itu tidak hilang akibat terpotong.

BBM Android kini sudah dilengkapi fitur gambar berformat .gif sebagai display picture. Biasanya format ini digunakan untuk gambar animasi bergerak. Tentu, jika menggunakan format ini kita tidak perlu melakukan tahap pemotongan terlebih dahulu. Nah, mari kita manfaatkan fitur ini.


Langkah pertama, kita harus mengconvert foto dari format .jpeg atau .jpg ke format .gif dengan aplikasi Image Converter. Kita bisa mendownloadnya secara gratis di Play Store. Sizenya terbilang kecil, hanya 4.42mb.


Kedua, jika sudah di download, jalankan aplikasi, dan kita akan diminta untuk memilih foto untuk diconvert.  Lalu "Next".


Setelahnya, ada pilihan Select output Folder. Jika kita ingin menyimpannya di folder pilihan kita sendiri, kita bisa pilih "Browse", tetapi jika ingin disimpan di folder bawaan aplikasi pilih "Default". Lalu "Next".
Tahap selanjutnya, jika kita ingin meresize ukuran foto bisa ubah ukuran 100, misalnya menjadi 70 atau 50. Lalu "Next".



Hampir selesai, karena yang kita butuhkan adalah format .gif, maka beri centang untuk pilihan .gif. Pilih "Convert" dan sekarang foto anda sudah berformat .gif.

Langkah terakhir, tinggal Set picture as a BBM picture dan lihat sendiri hasilnya. Ini hasil saya:


Semoga bermanfaat ^^

2 comments :