Daripada Titik, Lebih Baik Pakai Emoji

Monday, April 18, 2016

Daripada Titik, Lebih Baik Pakai Emoji


Berkirim pesan singkat kini mendominasi pola hubungan masyarakat modern. Dari segi aturan bahasa, untuk mengakhiri sebuah pesan singkat menggunakan tanda titik. Namun, tanda baca titik faktanya bisa bermakna berbeda bagi si pembaca pesan.
Penilitian dari Binghamton University, AS, menyimpulkan tanda titik pada pesan singkat justru mengisyaratkan ketidaktulusan atau sikap dingin dari sang pengirim pesan.
Jika dilihat dari fungsinya, tanda titik digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat yang dianggap telah selesai. Namun, pada tulisan panjang seperti di blog atau di situs-situs beritaonline, tanda titik (.) pada akhir kalimat adalah wajib dan tak bermakna negatif bagi pembacanya.
Menariknya, makna tanda titik bisa berbeda ketika dilakukan saat mengobrol lewat pesan singkat seperti WhatsappBBMLine, dan lainnya.
Dikutip dari LifeHacker dan dihimpun KompasTekno, menurut hasil studi, obrolan chatting akan merepresentasikan percakapan langsung (face-to-face). Hal ini, berbeda dengan menulis berita, surat formal, karya sastra, atau blog.
Dilihat dari segi sifatnya, percakapan langsung memang seharusnya lebih santai dan informal. Penyematan tanda titik pada obrolan chatting akan mengindikasikan obrolan yang formal dan serius. Bahkan terkesan ‘dingin’, tak akrab, atau tak ramah di dalamnya.
Misalnya saat menuliskan “Oke!”, kesan hangat dan antusias akan muncul ketimbang menulis “Oke.”.
“Ketika berbicara langsung, informasi emosional terpancar lewat tatapan mata, ekspresi wajah, nada suara, dan lainnya. Ketika dipindahkan ke ranah chatting, ekspresi-ekspresi itu diakomodir oleh emoji yang bisa menggambarkan mimik pengirim,” kata pimpinan peneliti Celia Klin.
Ketimbang pakai tanda titik, menutup pesan singkat pada WhatsApp atau Line lebih dianjurkan dengan emoji, sesuai dengan perasaan Anda. Jika merasa kurang nyaman, sebaiknya enter pesan untuk menandakan kalau satu kalimat telah berhenti.
Sudah terbit di Bekasiurbancity.com

0 Komentar :

Post a Comment