Mengenal Apa Itu FotoJurnalistik?

Sunday, June 17, 2012

Mengenal Apa Itu FotoJurnalistik?


Fotografi jurnalistik merupakan salah satu bidang dalam dalam wahana fotografi yang mengkhususkan diri pada proses penciptaan karya-karya fotografi yang dianggap memiliki nilai berita dan menampilkan kepada khalayak dengan tujuan tertentu melalui media massa. Fotojurnalistik adalah fotografi komunikasi, dimana komunikasi bisa diekspresikan seorang fotojurnalis melalui subjeknya. Esensi dari fotografi jurnalistik adalah bahwa sebuah berita harus ditampilkan secara faktual, visual, dan menarik. Sedangkan entitas foto jurnalistik yang menampilkan fakta dan realitas dalam bentuk visual yang terdokumentasikan dengan baik bila dirunutkan secara kronologis melalui alur waktu yang benar dapat dikatakan sebagai suatu sejatrah fakta bergambar. Ia merupakan catatan yang terekam dalam mata visual karena mengandung jejak dan langkah kenyataan dan kejadian yang patut diketahui orang banyak karena nilai vitalitasnya dalam perjalanan peradaban manusia.

Foto Jurnalistik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari profesi jurnalistik secara keseluruhan, sehingga dalam perkembangannya dikennallah profesi wartawan foto yang menjalankan tugas foto jurnalistik. Dasar fotojurnalistik adalah gabungan antara gambar dan kata. Lingkup fotojurnalistik adalah manusia. Itu sebabnya fotojurnalis harus mempunyai kepentingan pada manusia. Ginny Soutworth menyimpulkan "merangkul manusia adalah pendekatan bagi fotojurnals, karena kerja dengan subjek yang bernama manusia adalah segala-galanya dalam profesi tersebut.



Bentuk liputan fotojurnalistik adalah suatu upaya yang muncul dari bakat dan kemampuan seorang fotojurnalis. TUgas fotojurnalis dalah melaporkan berita sehingga memberi kesan pada pembaca seolah-olah mereka hadir dalam peristiwa tersebut.



0 Komentar :

Post a Comment