Kebiasaan Buruk Para Jomblo

Sunday, July 22, 2012

Kebiasaan Buruk Para Jomblo


Kata jomblo bukan kata asing lagi di dalam dunia percintaan remaja. Secara umum orang mendefinisikan jomblo sebagai gelar bagi mereka yang masih sendiri alias belum punya pasangan entah dalam kontek pacar atau pasutri. Pokoknya single atau sendiri saja. Ada yang bilang jomblo itu predikat buat mereka yang ‘betah’ membujang. Pengertian jomblo kurang lebih seperti itu. Tapi banyak kebiasaan buruk jomblo yang malah membuatnya makin jomblo.Apa saja? mari kita bahas!!!



1. Negatif thinking
 
Misalnya, kalau lagi jalan sendiri, lalu ada yang tanya“Ko sendiri?” Langsung deh reaksinya seperti ini “Sudah tau sendiri, pake tanya2. Mentang2 gua jomblo. Nyindir, ya?!”
Padahal “Ko Sendiri?” itu kan pertanyaan standar orang yang pengen tanya tapi ngga tahu mau tanya apaan. Cuma basa-basi. Nggak ada maksud apa-apa. Malah kalo tanyanya “Ko berdua?” atau “Sama siapa?” jadi aneh bin konyol. Lah sudah jelas sendiri pake tanya “Ko berdua?” segala. *emosi*
Lalu bagaimana mengatasinya? Tidak ada cara lain, ganti kacamatanya dengan yang lebih terang. Jangan salahkan obyek yang dilihat.
 
2. Citra diri yang negatif

“Siapalah saya ini. Tampang pas-pasan. Nggak bisa apa-apa pula. Otak belet,lah  nilai rapot saja hampir ngga pernah bergeser dari C. Dapet B tuh untung. A, wah ajaib bener, anugerah-Mu deh. Mana ada yang mau sama saya. Seandainya saya jadi orang lain pun, ngga bakalan ko saya mau punya pacar kayak diri saya begini.”
Padahal gambaran kita tentang diri kita sendiri akan sangat berpengaruh terhadap pikiran, perasaan dan sikap hidup kita.
 
3. Rumput tetangga kelihatan lebih hijau

“Duh, enak nian punya pacar kayak dia. Kemana-mana ada yang nemenin. Ada yang perhatiin and diperhatiin. Kapan pun dan dimana pun ada yang selalu bisa di-call. Pokoknya asyik deh.”
Jadi nganggepnya hidup orang lain tuh lebih enak, lebih baik, lebih nikmat, lebih segalanya. Lalu kita berandai-andai ; seandainya hidup kita kayak dia, dunia kita kayak dunia dia. Seolah kita nih baru bahagia kalo kayak dia. Kita jadi kurang bersyukur dengan hidup kita sendiri. Padahal, mana ada sih orang yang hidupnya selalu senang?
 
4. Berselubung topeng

Nggak jujur dengan diri sendiri. Nggak apa adanya.
Contoh “Aku emang belum mau pacaran koq. Suer. Masih ingin sendiri.” --> Yang sebenarnya : aku belum ketemu yang aku mau. Yang ada aku mau dia ngga mau, atau dia mau akunya ngga mau. Ada yang aku mau dia mau, eh dia maunya nabok sama aku.
So, tanggalkan topeng itu. Apa adanya sajalah. Tapi ya, jangan vulgar, mengobral ato norak. Jujur dengan elegan gitulah.
 
5. Memaksakan kehendak

Cara halus “Hi cowok, godain kita dong!”  Atau, “Hi cewek, kita godain ya!”
Cara Kasar  “Apapun yang terjadi gua harus dapetin doi; biar gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang. Pokoknya harus dan kudu!” *bayar segerombolan preman utk menculik doi, lalu dengan gaya Kung Fu Bruce Lee datang menyelamatkannya*
Dan kalo berdoa, doanya gini: “Tuhan, kalau dia jodoh saya, dekatkanlah. Kalau dia bukan jodoh saya, jodohkanlah, Tapi kalo ngga bisa jadi jodoh saya, biarkan dia ngejomblo seumur hidup, Amin…”
Padahal segala sesuatu yang dipaksakan (apalagi soal jodoh), pasti akan lebih banyak buruknya daripada baiknya. Usaha tentunya ngga salah, punya keinginan monggo, silahkan. Tapi iringilah itu dengan penyerahan diri kepada Tuhan YME.

“Bukan kehendakku yang jadi, melainkan Kehendak-Mu.” Dengan berusaha da berserah diri, hidup akan terasa lebih ringan, Tuhan tahu apa yang terbaik buat kita, percaya deh!….
 
6. Sirik

Ngga senang melihat orang lain senang. Senangnya ngejelek-jelekin dan ngecil-ngecilin kebaikan orang lain. “Eh, elu tau nggak, dia itu kan bekas pacarnya temen sodara gue, Nah, kata temen gue, temen gue dari sodaranya, sodaranya dari temennya yang mantan dia itu" *Nah, bingung kan?*
Padahal ke-sirik-an hanya akan membuat kita makin buruk dimata orang lain. Dan pasti dimata Tuhan juga. Ngga ada faedahnya.

Jadi buat yang jomblo ya jangan takut atau galauuu. Gak ada ko kasusnya "orang mati karna jomblo". Semua udah jalannya. Selalu berdoa berusaha dan bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki sampai saat ini. Orang tua, saudara, teman, saudara, semua masih ada disamping lo. Jadi kalo kata cherrybelle "don't cry, don't be shy" :)

0 Komentar :

Post a Comment