Dampak Setelah Menelan Permen Karet

Wednesday, August 26, 2015

Dampak Setelah Menelan Permen Karet



Banyak dari kita yang sering mengonsumsi permen karet. Namun, tidak sedikit juga yang justru malah tertelan saat mengunyahnya. Lalu, bagaimana reaksi tubuh jika kita terlanjur menelan permen karet?

Pada dasarnya, pemen karet adalah permen yang dikonsumsi hanya untuk dikunyah-kunyah, bukan ditelan. Peren karet dibuat dari pemanis, pewarna biasa, dan perasa. Bahan karetnya sendiri berbahan dasar elastomer, resin, lemak, emulsifier, dan wax.


Mengunyah permen karet bisa berdampak positif bagi tubuh, di antaranya dapat meningkatkan konsentrasi, membantu membakar kalori, mengurangi stres, juga mengencangkan kulit wajah. Namun, dibalik kegunaan permen karet tadi kita raus hati-hati saat mengunyahnya agar tidak tertelan.


Jika sudah terlantur tertelan, jangan khawatir. Permen karet mempunyai bahan dasar seperti permen pada umumnya. Jadi tetap bisa dicerna oleh usus, hanya saja memerlukan waktu yang cukup lama, yakni dua sampai tiga hari untuk keluar dari tubuh.


Namun, tentu saja ada resiko dari menelan permen karet tersebut. Bahaya yang akan timbul, yakni penyumbatan pada saluran pencernaan. Hal ini sering terjadi pada anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak mempunyai diameter organ pencernaan yang lebih kecil dibanding orang dewasa. 


Anda boleh khawatir ketika, permen karet yang tertelan tadi ternyata tidak keluar dari tubuh hingga berhari-hari. Anda bisa langsung mengonsultasikannya ke dokter untuk melakukan pemeriksaat lebih lanjut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

1 comment :

  1. I think your blog is great and if you do not mind to continually update your blog so that every reader satisfied with your blog, thank you
    poker88

    ReplyDelete