Ini Alasan Warna Telur Unggas Berbeda-Beda

Wednesday, August 26, 2015

Ini Alasan Warna Telur Unggas Berbeda-Beda


Telur diklaim sebagai makanan dengan sumber protein yang tinggi. Ada telur unggas yang berwarna putih, berwarna coklat, bewarna biru, bahkan bewarna putih berbecak hitam, coklat, dan biru. Mengapa telur unggas bisa berbeda-beda?

Pada awalnya seluruh telur berwarna putih. Telur bisa berubah warna karena pengaruh pigmen saat pembuahan pada induk. Hal ini diungkap oleh Jaquie Jacob dari University of Kentucky. Menurutnya, telur bisa berbeda-beda warna karena faktor genetik atau bawaan dari ibunya.

Dikutip dari Kidnesia.com, Proses awal pembuatannya, yakni telur itu dibentuk selama 20 jam di dalam uterus (rahim) unggas. Di uterus, kuning telur dan putih telur dilapisi dengan kulit telur atau bisa juga disebut cangkang.  Lalu cangkang telur ini dilapisi lagi dengan selaput halus untuk melindungi pori – pori telur.

Nah, di uterus pula pewarnaan pada cangkang dimulai. Warna pada cangkang tergantung pigmen yang terdapat pada unggas tersebut. Pigmen ini berasal dari pigmen darah hemoglobin. Pigmen adalah zat dalam sel atau jaringan yang mempunyai warna sendiri

Telur unggas yang sering kita jumpai adalah telur ayam. Telur ayam pada umumnya berwarna coklat. Hal ini dikarenakan ayam mempunyai Pigmen porphyrins  yang dapat membuat cangkang telur menjadi kecoklatan.


Lain lagi dengan telur yang berwarna biru. Telur unggas yang berwarna biru kehijauan, umumnya dihasilkan oleh bebek. Warna biru ini juga dihasilkan oleh pigmen, tetapi tidak sama dengan pigmen yang dimiliki ayam. Telur bebek dipengaruhi oleh pigmen biliverdin  yang membuat telur berwarna biru kehijauan.


Lalu bagaimana dengan telur unggas yang berwarna putih berbercak-bercak hitam, coklat, dan biru? Telur dengan warna seperti itu dimiliki oleh burung puyuh. Warna putih berbercak-bercak hitam, coklat, dan biru itu dipengaruhi oleh perpaduan antara pigmen ooporphyrin dan biliverdin.





Artikel ini sudah diterbitkan di BekasiUrbanCity.com

0 Komentar :

Post a Comment