Inilah Ponsel Android Pertama

Thursday, December 18, 2014

Inilah Ponsel Android Pertama


Foto: Wikipedia
Android merupakan sistem operasi yang sedang populer dikalangan masyarakat. Namun, tak banyak orang yang mengetahui smartphone pertama berbasis robot hijau ini.

HTC Dream adalah ponsel asal Taiwan yang pertama kali memperkenalkan sistem operasi android. Smartphone ini menggandeng operator seluler T-Mobile untuk dirilis di Amerika Serikat pada 22 Oktober 2008. Android yang diterapkan dalam ponsel pintar ini benar-benar versi pertama, yakni Android 1.0 sampai yang paling canggih (waktu itu) Android 1.5 Cupcake dan Android 1.6 Donut. Diawal peluncurannya, HTC Dream dijual seharga US$ 179,9 dengan 2 tahun kontrak untuk T-Mobile.

HTC Dream saat itu belum menggunakan fitur touchscreen karena dijamannya belum ada keyboard virtual seperti sekarang. Ponsel pintar ini didisain slider dengan tombol Qwerty yang tersembunyi. HTC Dream juga menggunakan sebuah trackball untuk keperluan scrolling dan memilih menu. 

Ponsel berukuran layar 3,2 inch ini dipasangkan prosesor MSM7201A dari Qualcomm yang memiliki clock 528 MHz dengan RAM 192mb. Untuk penyimpanan, Pra-instal 1 GB kartu memori Micro SD yang dapat menampung sekitar 500 lagu (perangkat mendukung hingga kartu memori 8GB). Dikutip dari website techcrunch

penggunaan internet pada ponsel ini sudah sudah mendukung HSDPA serta sudah hadir pula fitur WiFi didalamnya.Pilihan warna yang ditawarkan ada putih, coklat, dan hitam. Kamera yang disediaka sebesar 3 MP sudah termasuk fitur autofocus. Sayangnya, Ponsel slide ini belum dilengkapi dengan flash. Tak ketinggalan, HTC Dream juga dilengkapi fitur dari Google. Diantaranya, Gmail, Google Talk, Google Maps, dan YouTube.

Meski kini banyak produsen smartphone menggandeng vendor android, namun HTC Dream tetap menjadi pelopor ponsel Android yang pertama. Tanpa hadirnya HTC Dream, produsen smartphone mungkin tidak akan berani untuk memproduksi berbagai tipe smartphone Android seperti sekarang.



Artikel ini sudah diterbitkan di gobekasi.co

0 Komentar :

Post a Comment