Bisakah Terkena Cacar Kembali?

Saturday, March 7, 2015

Bisakah Terkena Cacar Kembali?



Cacar air terkadang menjadi penyakit yang ditakuti kebanyakan orang. Bukan soal penyakitnya. tetapi soal bekas yang ditimbulkan dari cacar itu sendiri. “Jika sudah kena cacar air maka tidak akan kena lagi” tentu Anda pasti pernah mendengar mitos seperti ini? Lalu bagaimana dunia kedokteran menjawab mitos ini?



 Dikutip dari health.detik.com, cacar air yang disebabkan oleh infeksi virus ‎varicella ini memang sudah banyak obat dan angka kematiannya pun tidak tinggi. Hanya saja, Anda perlu waspada. Tak semua virus mati ketika cacar air hilang. "Biasanya nanti virus ini aktif lagi, karena biasanya virus ini tidak mati, hanya tidur ketika cacar airnya hilang. Ketika aktif lagi, muncullah itu penyakit herpes zoster atau kita kenal sebagai cacar ular," ujar Dr dr Andradi Suryamiharja, SpS(K)

Dilanjutkan, penyebab pasti mengapa herpes zoster muncul memang belum diketahui.  Virus simpanan ini terjadi pada semua orang yang sudah terkena cacar air yang pertama. Namun ketika ini terinfeksi kembali ini tidak bisa dikatakan sebagai cacar air melainkan herpes doster.

Kalau cacar air muncul di seluruh permukaan tubuh, kalau herpes doster biasanya muncul hanya di beberapa bagian tubuh dan sifatnya bergerombol
kedua jenis penyakit ini erat kaitannya dengan sistem imunitas tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh sedang menurun maka virus varisela akan mudah sekali menginfeksi. Apalagi jika di lingkungan sekitar ada yang mengalami cacar.

Hanya saja, memang sebaiknya penyakit ini dicegah sebelum datang.

0 Komentar :

Post a Comment